Sabtu, 27 April 2013

Ta'awuz, Untuk Apa?


" Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui, dari (godaan) syaitan yang terkutuk, dari kegilaannya, kesombongannya dan dari syairnya yang tercela."
"Maka apabila engkau (Muhammad) hendak membaca Al-Qur'an, mohonlah perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk." Q.S. An-Nahl 16 : 98

Sebagai umat islam kita sering membaca ta'awuz apalagi ketika membaca Al-Quran; tapi pernahkah teman-teman bertanya mengapa kita membaca ta'awuz atau apa hikmah dibalik membacanya? Saya juga sebenarnya baru saja mengetahui hal tersebut tapi tidak apa-apa bukan, karena saya ingin berbagi dan menyampaikan ayat walau hanya sedikit. Tulisan ini dapat menjadi tambahan ilmu bagi yang belum mengetahui dan mereview bagi yang sudah tahu. Karena seringkali manusia lupa oleh karena itu kita harus saling mengingatkan.

Pada Q.S. An-Nahl 16 : 98 yang pada awal artikel ini sudah dituliskan, ayat ini menyebutkan bahwa apabila kita hendak membaca Al-Qur'an, kita diperintahkan Allah untuk memohon perlindungan kepada-Nya dari setan yang terkutuk. Ayat tersebut adalah dasar mengapa ketika kita membaca Al-Qur'an harus diawali dengan ta'awuz.

Lalu apa hikmahnya? Kakak angkatan saya yang membimbing saya mengaji (tahsin) pernah berkata yang kurang lebih isinya "Kalau kamu belajar tahsin sebaiknya bersama seorang guru, agar kita bisa diluruskan ketika salah, ketika kita belajar otodidak takutnya yang menemani kita adalah setan sehingga ditakutkan kita mendapatkan pemahaman yang salah.", dari percakapan tersebut saya terilhami untuk menulis ini. Kurang lebih sama, ketika kita membaca Al-Qur'an, kita diperintahkan membaca ta'awuz sebelumnya, agar dihindarkan dari godaan setan, seperti salah pengucapan yang dapat berakibat merubah arti, atau salah memaknai sehingga kita berada dalam persepsi yang salah. Maka dari itu membaca ta'awuz sangat penting karena kita memohon kepada Allah untuk diberi perlindungan dari godaan setan yang terkutuk. Karena seperti yang kita ketahui, setan mendapatkan "wewenang" untuk menjerumuskan kita ke jalannya. Sehingga ta'awuz menjadi sangat penting. 

Begitu pula dalam belajar, mengawalinya dengan ta'awuz juga sangat bagus karena dalam hal-hal yang baik setan akan selalu mencoba menggoda kita. Contohnya ketika kita belajar kita seringkali berpikir untuk segera menyudahi atau merasa sulit pada pelajarannya tidak begitu sulit (kalau teman-teman tidak, mungkin itu hanya saya saja yang mengalami). Maka dari itu biasakanlah membaca ta'awuz ketika kita hendak melakukan hal-hal baik di mana kita sangat mungkin berbuat salah.

Ta'awuz lengkap:
"Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui, dari (godaan) syaitan yang terkutuk, dari kegilaannya, kesombongannya dan dari syairnya yang tercela."

Ta'awuz umum:
"Aku berlindung kepada Allah dari (godaan) syaitan yang terkutuk."

Untuk kali ini, cukup itu dulu yang bisa saya sampaikan, jika ada yang benar itu datangnya dari Allah, dan jika ada yang salah itu murni dari saya. Penafsiran ayat akan mencerminkan ilmu dan pengalaman seseorang, mungkin hanya itu ilmu atau pengalaman saya tentang hal ini yang bisa saya sampaikan. Jika teman-teman punya penafsiran dan analisis lain silahkan di share di bagian komentar. Penulis sangat senang berdiskusi dan bermusyawarah ilmu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Budayakan memberikan tanggapan dan komentar.